Konsep Biaya Relevan

Konsep Biaya Relevan

 

Biaya Relevan merupakan biaya masa depan yang berbeda pada masing-masingalternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa depan. Karena itu, hanyabiaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan. Namun, untuk menjadi relevan, suatu biaya tidak hanya harus merupakan biaya masa depan, tetapijuga harus berbeda dari satu alternatif dengan alternatif lainnya. Apabila biaya masadepan terdapat pada lebih dari satu alternatif maka biaya tersebut tidak memilikipengaruh terhadap keputusan. Biaya demikian disebut biaya tidak relevan.Kemempaun untuk mengidentifikasi biaya relevan dan tak relevan merupakan suatuketerampilan pengambilan keputusan yang penting.

 

Model Keputusan Taktis

Pengambilan keputusan taktis terdiri dari pemilihan di antara berbagai alternative dengan hasil yang langsung atau terbatas.

 

Model Pengambilan Keputusan Taktis

Enam langkah yang mendeskripsikan proses pengambilan keputusan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut :

  1. Kenali dan definisikan masalah.
  2. Identifikasi setiap alternatif sebagai solusi yang layak atau masalah tersebut; eliminasialternatif yang secara nyata tidak layak.
  3. Identifikasi biaya dan manfaat yang berkaitan dengan setiap alternatif yang layak.Klasifikasikanlah biaya dan manfaat sebagai relevan atau tidak relevan sertaeliminasilah biaya dan manfaat yang tidak relevan dari pertimbangan.
  4. Hitunglah total biaya dan manfaat yang relevan dari masing-masing alternatif.
  5. Nilailah faktor-faktor kualitatif.
  6. Pilihlah alternatif yang menawarkan manfaat terbesar secara keseluruhan.Keenam langkah ini mendefinisikan model pengambilan keputusan sederhana.

Model keputusan (decision model ) adalah serangkaian prosedur yang jika diikuti, akan mengarah ke suatu keputusan.

 

Relevansi perilaku biaya dan model penggunaan sumber biaya aktivitas

Seringkali keputusan taktis membtuhkan analisis yang lebih rumit ±khususnyakeputusan yang membutuhkan pertimbangan yang lebih rumit- khususnya keputusanyang membutuhkan pertimbangan yang lebih ekstensif mengenai perilaku biayaKuncinya adalah bahwa perubahan pada penawaran dan permintaan sumber dayaaktivitas harus dipertimbangkan ketika menilai relevansi.Kategori-kategori dibawah dapat menolong untuk mengidentifikasi biaya-biaya yangrelevan, dan kemudian, memfasilitasi analisis biaya yang relevan :

  1. Sumber Daya Fleksibel.
  2. Sumber Daya Terikat :
  • Sumber Daya Terikat untuk Jangka Pendek
  • Sumber daya Terikat untuk Beberapa Periode.

 

Aplikasi Biaya Relevan

Perhitungan biaya relevan merupakan nilai dalam pemecahan berbagai jenis masalah.Secara tradisional , aplikasi ini mencakup :

  1. Keputusan membuat atau membeli
  2. Keputusan meneruskan atau menghentikan.
  • Meneruskan atau menghentikan dengan berbagai dampak komplementer.
  • Meneruskan atau menghentikan dengan penggunaan alternatif fasilitas.
  • Keputusan pesanan Khusus.
  • Keputusan menjual atau memproses lebih lanjut.
  • Keputusan bauran produk

–          Sumber daya dengan satu kendala.

–          Sumber daya dengan banyak kendala.

Contoh Soal:

PT. Federal memproduksi sepeda. Dalam tahun ini, produksi diharapkan sebesar 12.000 unit. Saat ini perusahaan membuat sendiri rantai sepedanya. Berikut ini laporan biaya untuk memproduksi 12.000 rantai sepeda:

Biaya per unit              Biaya (12.000unit)

Bahan langsung                                                   5.00                                        60,000

TKL Langsung                                                   2.50                                        30,000

BOP Variabel                                                      2                                             24,000

Biaya inspeksi dan Setting                                                      2,000

Sewa mesin                                                                                                          3,500

Alokasi biaya tetap gedung administrasi,                               30,000

Pajak, dan asuransi

Total Biaya:                                                                                                          149,500

Perusahaan menerima penawaran dari pehak luar yang bersedia men-supply rantai untuk sepeda yang diproduksi perusahaan pada harga $ 10 per unit.

 

Tambahan informasi:

  1. Perusahaan memproduksi rantai dengan estimasi 12,000 unit dalam 10 periodeb.
  2. Perusahaan menyewa mesin yang digunakan untuk memproduksi rantai. Apabilarantai tersebut dibeli dari pihak luar, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya sewamesin

 

Hitunglah:

  1. Asumsikan bila Perusahaan membeli rantai dari pihak luar, aktiva produksi yangsebelumnya digunakan perusahaan untuk berproduksi menjadi menganggur, Apakahperusahaan harus menerima tawaran tersebut pada tingkat produksi dan penjualanyang diharapkan sebesar 12,000 unit? Tunjukkan perhitungan anda.
  2. Asumsikan, bahwa rantai dibeli dari pihak luar, Aktiva produksi yang digunakanuntuk memproduksi rantai tersebut digunakan untuk mengupgrade sepeda denganmenambahkan aksesori berupa speedometer  pada sepeda tersebut. Konsekuensinyaharga jual sepeda meningkat sebesar $25. Biaya variabel per unit untuk mengupgrade sebesar $ 20, dan biaya pembelian alat alat tambahan sebesar $ 18,000.Apakah Perusahaan harus membuat atau membeli rantai dari pihak luar denganasumsi bahwa 12,000 unit sepeda diproduksi dan laku terjual.

 

 

Penyelesaian:

Asumsi 1:

Relevant Cost pada alternatif membeli:                                                          ($)

Pembelian, $ 10 x 12.000                                            120,000

Relevant Cost pada alternatif membuat:

Bahan Langsung:                                                                                60,000

BTKL:                                                                         30,000

BOP Variabel:                                                             24,000

Inspeksi & Setting:                                                     2,000

Sewa Mesin:                                                                3,500

Total Biaya Relevan pada alternatif membuat:           119,500

 

Analisis Biaya relevan menunjukkan bahwa perusahaan lebih baik memproduksi dari pada membeli dari outsider  vendor

 

Asumsi 2:

Biaya relevan pada alternatif membuat                      119,500

(sama dengan diatas)

Biaya Relevan pada alternatif membeli

Biaya Pembelian                                                         120,000

Tambahan Biaya Tetap:                                              18,000

Tambahan Marjin Kontribusi:12.000 x ($25 – $20)         (60,000)

Total Biaya Relevan pada alternatif membeli:            78,000

 

Analisis menunjukkan bahwa lebih baik perusahaan membeli daripada memproduksi sendiri.

 

Komentar:

Saya setuju juka dalam suatu pengambilan keputusan, banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh manajemen. Namun tidak semua hal harus dipertimbangkan dalam sebuah pengambilan keputusan. Tujuan utama pemisahan biaya antara biaya relevan dan tidak relevan adalah untuk menunjukkan kepada manajemen bahwa tidak semua biaya patut dipertimbangkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Biaya relevan adalah biaya yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Biaya yang relevan untuk satu keputusan, belum tentu relevan untuk keputusan yang lain, walaupun obyeknya sama, misalnya penggantian mesin.

Setelah itu akan ada dua hal yang harus kita perhatikan dalam pengambilan keputusan biaya relevan, yaitu engambilan keputusan tersebut hanya untuk jangka pendek dan pendekatannya adalah pendekatan total, bukan per satuan. Maka dapat saya tangkap bahwa bentuk pengambilan keputusan yang akan kita bahas adalah Menerima atau menolak pesanan khusus dan membeli atau membuat sendiri suatu produk dan untuk mengambil keputusan tersebut, langkah-langkah yang kita harus lakukan adalah emisahkan biaya variabel dan biaya tetap dan menentukan biaya mana yang termasuk biaya relevan dan tidak relevan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s